Alexander Wang, Desainer Favorit Selebriti

Minggu, 19 Agustus 2018 - 12:01 WIB
Alexander Wang, Desainer Favorit Selebriti
Alexander Wang, Desainer Favorit Selebriti
A A A
ALEXANDER Wang adalah desainer ternama asal Amerika. Laki-laki keturunan Taiwan- Amerika Serikat ini juga sukses membangun bisnis fashion bersama keluarganya.

Alexander Wang lahir pada 17 Mei di San Francisco, California, 34 tahun lalu. Laki-laki yang akrab disapa Wang ini besar di Bay Area dan Los Angeles. Pada usia 8 tahun dia dan keluarganya pindah ke New York. Pada usia 15 tahun, Wang mulai tertarik dengan dunia fashion.

Dia pun pergi ke sekolah musim panas Central Saint Martins untuk belajar desain pakaian. Dia juga menamatkan pendidikan formalnya di Pebble Beach, CA di Stevenson School dan Drew School.

Lulus dari sekolah, Wang pun sempat magang di brand fashion terkenal seperti Marc Jacobs dan Derek Lam, serta majalah besar seperti Vogue dan Teen Vogue. Pada tahun 2005, setelah dua tahun bersekolah di Persons School of Design, Wang pun memutuskan untuk keluar dari sekolah.

Dia mengejar mimpinya untuk meluncurkan label fashion-nya sendiri, Alexander Wang Inc. Koleksi pakaian perdananya dimulai dengan memproduksi rajutan yang diwakilkan dengan enam siluet busana bergaya unisex.

Pada musim semi 2007, produksinya berkembang menjadi womenís ready to wear. Koleksi tersebut pertama kali dipertunjukkan pada runway di Kota New York.

“Saat itu saya menampilkan unisex cashmere sweater untuk musim gugur,” ujar Wang, seperti dilansir V ogue.com . Koleksi unisex cashmere sweater membuat nama Wang melambung sukses di industri fashion dan sweternya pun cepat sold-out di pasaran.

Seakan ide Wang tak pernah berhenti, Wang memutuskan membuat lini aksesori pada 2008. Berkat kedua lini, pakaian ready to wear dan aksesori, Wang mampu memenangi title desainer dari asosiasi di Amerika yang terkenal dengan nama CFDA (Council of Fashion Designers of America).

Untuk semakin menambah pengalaman di bidang fashion , Wang pun tertarik untuk menjadi Direktur Kreatif Balenciaga pada November 2012. Sementara itu Alexander Wang Inc pun dikelola oleh keluarganya.

Wang secara resmi menjadi direktur kreatif label asal Prancis tersebut dan menggantikan posisi Nicolas Ghesquiere. Dia mengawasi jalur produksi pakaian dan aksesori perempuan dan laki-laki. “Debut saya adalah koleksi Fall-Winter pada Februari 2013 di Paris.

Saya mengeluarkan berbagai koleksi berwarna hitam dan putih dalam balutan jaket hingga atasan bentuk peplum ,” ujar Wang. Selama 2 tahun menjadi direktur kreatif Balenciaga, Wang menghadirkan busana bernuansa hitam dengan siluet yang sederhana namun dengan penuh inovasi detail.

Peragaan busana koleksi Spring/Summer 2016 pada 2 Oktober 2015 pun menjadi koleksi terakhirnya untuk Balenciaga. Hal ini dia lakukan untuk memfokuskan diri mengelola labelnya sendiri yang selama ini dikelola oleh keluarganya.

“Saya merasa terhormat telah berke sem patan untuk bekerja pada rumah mode yang historis ini. Saya berterima kasih kepada tim hebat Balenciaga untuk semua yang telah berhasil kita capai bersama,” ucap Wang.

Lepas dari Balenciaga, Wang mengambil alih posisi CEO dan chairman dari perusahaan Alexander Wang Inc. Sebelumnya, posisi ini ditempati oleh ibunya, Yin Wang, dan saudari iparnya, Aimie Wang. Kini kedua posisi tersebut diambil alih oleh Wang sendiri.

Namun, ibu dan saudari iparnya ini masih tetap menjadi anggota dewan dan pemegang saham. “Saya ingin berterima kasih kepada Ying dan Aimie atas usaha mereka yang tak kenal lelah untuk membangun bisnis yang kami miliki sampai saat ini,” kata Wang.

Menurutnya, kepemimpinan yang kuat dan peningkatan fleksibilitas sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam bisnis fashion. Di tangan Wang, koleksi pakaiannya dijual ke lebih dari 700 toko di seluruh dunia.

Label ini memiliki 16 toko di 7 negara dan 20 toko yang tersebar di negara-negara di Asia. Label ini pun meraih kesuksesan besar dengan meraih pendapatan rata-rata per tahun mencapai £ 64 juta (Rp1,3 triliun).
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3856 seconds (0.1#10.140)